Romantisme Candi Plaosan

CANDI PLAOSAN


Bagi kamu yang lagi cari refrensi destinasi wisata yang bersejarah, bernilai seni tinggi, serta mempunyai kesan romantis? Disini tempatnya CANDI PLAOSAN

Candi Plaosan merupakan salah satu candi yang ada di Pulau Jawa. Meskipun keberadaan nya tak sesohor atau sepopuler Candi Prambanan atau pun Candi Borobudur, namun Candi yang satu ini tidak kalah eksis nya dengan Candi-Candi lainnya. Mulai dari kisah sejarah terbentuk nya Candi tersebut hingga eksotisme pemandangan nya tersendiri.

SEJARAH

Sedikit mengulas sejarah dan terbentuk nya candi plaosan. Candi Plaosan terletak di Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa tengah. Candi Plaosan sendiri adalah sebuah situs candi peninggalan Mataram kuno. Candi yang merupakan candi Budha ini di bangun pada masa pemerintahan Rakai Pikatan sekitar abad ke 9 sebelum masehi. Candi Plaosan sendiri memiliki dua candi utama yaitu Candi Utara dan Candi Selatan. Simbol dari dua candi utama tersebut adalah menurut sejarah menggambarkan sebuah kisah perjuangan cinta dari Rakai Pikatan dan Pramudya Wardani yang konon kisah cinta mereka tidak mendapat restu dari masing-masing pihak keluarga nya dikarenakan adanya perbedaan budaya serta perbedaan agama, namun begitu mereka tetap nekad dan kokoh pada kisah cinta mereka berdua meskipun terdapat perbedaan budaya serta agama hingga akhirnya mereka berdua memutuskan untuk menikah. Dari kisah cinta mereka tersebut terbentuklah sebuah candi yang bernama Candi Plaosan yang dibagi atas dua candi utama yaitu Candi Utama Utara melambangkan candi tokoh wanita sedangkan dari Candi Utama Selatan melambangkan tokoh dari laki-laki. Bukan hanya kisah cinta romeo dan juliet saja yang romantis namun kisah cinta Rakai pikatan dan Pramudya wardani juga romantis lhhooo.


Candi Utama Selatan

Candi Utama Utara

Sebuah ciri khas dari candi Plaosan sendiri yaitu mempunya permukaan teras yang halus dengan di tumbuhi rumput-rumput yang halus, walaupun sebahagian besar masih di penuhi oleh areal tanah yang sedikit berdebu sama hal nya dengan candi Prambanan.

AKTIVITAS YANG BISA DILAKUKAN

➭ Sunset&Sunrise
    Bagi kamu pemuja matahari tidak salah untuk mengunjungi tempat wisata yang satu ini, karena disini kamu bisa menikmati matahari fajar datang dan senja. Hamparan persawahan yang luas menambah nilai plus dari candi ini dan pasti nya akan menambah koleksi foto kamu menjadi lebih bagus.

Hunting Photo
    Nih bagi kamu yang suka berswa foto tempat ini merupakan tempat yang cocok untuk berswa foto bersama teman,sahabat atau pun pacar. Yah walaupun keberadaan nya tidak sepopuler dengan candi yang lain nya, namun spot foto yang di tawarkan tidak kalah bagus nya dan juga wisatawan yang berkunjung tidak terlalu ramai jadi kamu bisa mengatur spot foto terbaik kamu tanpa harus terganggu oleh wisatawan lain nya. Di candi ini juga sering dijadikan tempat untuk foto prewedding,foto model hingga pembuatan video klip.

Kontemplasi
    Suasana Candi yang cukup tenang dan jauh dari hirup-pikup kendaraan dan juga udara yang masih segar sangat cocok untuk berkontemplasi atau sekedar merefresh pikiran dari kegiatan kamu sehari-hari nya


TIKET MASUK


Untuk berkunjung ke Candi Plaosan sendiri tidak perlu menelan biaya yang mahal cukup menyediakan uang Rp.5000/orang kamu sudah bisa memasuki dan menikmati keindahan tempat ini. Tiket masuk masih dalam kategori terjangkau dan murah hanya Rp.3000/orang dan untuk parkir motor sendiri dikenakan biaya Rp.2000/motor. murah bukan?

Untuk jam berkunjung sendiri mulai dari pukul 09.00-17.00 wib.


LOKASI

Candi Plaosan sendiri terletak tepat nya di Dukuh Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Provinsi Jawa tengah. Lokasi nya tidak berjauhan dari Candi Prambanan dan Candi Sewu. Kalau kamu datang dari Kota Yogya belok kiri simpang pertama setelah candi Prambanan begitu sebaliknya jika kamu datang dari arah Kota Sola ambil simpang pertama candi Prambanan. jika masih bingung bisa langsung menggunakan aplikasi google maps.





Sekian cerita perjalanan saya kali ini, nantikan cerita-cerita selanjutnya yang pastinya dalam menelusuri indah nya pesona Indonesia

HAPPY TRAVELLING
from : Jejak Jejak Kecil




GALERI




















Comments

oke juga nih referensinya, tapi coba deh maen ke sumatera, masih banyak yg asri
Fariz maulana said…
haha.oke bg
saya juga asli orang sumatra bg. di jogja kuliah

Popular posts from this blog

Taman Sari Water Castle

Pesona Air terjun Sri Gethuk