Embung Ngalnggeran Danau Indah Di Atas Bukit Gunung Kidul

Embung Nglanggeran


Main ke Jogja, jangan lupa untuk singgah di salah satu destinasi wisata yang satu ini. yah nama nya
Embung Nglanggeran. Embung Nglanggeran terletak di Desa Nglanggeran, Kecamatan Patuk, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta.

Embung Nglanggeran adalah salah satu telaga yang berguna untuk menampung air hujan dan bermanfaat untuk mengairi areal pertanian pada saat musim kemarau tiba. Embung Nglanggeran sendiri di resmikan oleh Sri Sultan Hamengkubuwono X pada tanggal19 Februari 2013.

Proses Pembuatan Embung Nglanggeran
Dari Embung ini, nanti nya kamu akan dapat melihat pemandangan yang tak kalah menawan adalah gugusan batu-batu raksasa yang berderet tegak membentuk Gunung Api Purba.
Ciri khas dari salah satu wisata ini adalah yaitu Pemandangan Bebatuan yang tinggi serta hamparan pemandangan yang sangat indah.

PERJALANAN
Untuk berwisata ke Embung Nglanggeran, kamu bisa melakukan perjalan dari beberapa jalur. Kali ini perjalanan saya mulai dari kota Yogyakarta untuk menuju ke tempat tujuan.
Jika dari Kota Yogya silahkan kamu ambil arah tenggara menuju Ringroad Ketandan tepatnya di jalan Wonosari, setibanya sampai di jalan Wonosari kamu ikutin saja jalan Wonosari lurus tanpa berbelok selama kurang lebih 15km hingga tiba di daerah Piyungan, tepat pada traffic light ke 3.Pada titik ini kamu lurus aja menuju Hargodumilah atau yang lebih di kenal yaitu "Bukit Bintang".
Di jalur ini kamu bisa menikmati kota Yogyakarta dari atas, setelah melewati Bukit Bintang kamu akan menemui perempatan tepat di atas bukit, disini kamu bisa ambil belok kiri menuju Desa Ngoro-Oro. Setalah itu kamu ikutin saja arah jalan nya, namun di jalan ini harap kamu mengurangi kecepatan di karenakan jalan nya sempit dan juga areal permukiman masyarakat.

FASILITAS
Fasilitas yang di tawarkan disini cukup memadai di antaranya yaitu (a) Areal Parkir (b) Warung makan (c) Toilet serta nanti ketika kamu sampai di atas akan ada Gazebo untuk menikmati pemandangan.






BIAYA RETRIBUSI
Untuk biaya retribusi sendiri kamu akan dikenakan biaya Rp.10.000/orang dan untuk biaya tarif parkir sendiri yaitu Rp.2000/motor
Yah untuk nominal angka di atas mungkin sedikit mahal ya, padahal Wisata Embung ini sendiri sudah di kelola oleh Pemerintah berdasarkan kutipan yang saya tanya kepada salah satu petugas yang bekerja.
 Mungkin kedepan nya harga dapat di turunkan yaaaa..hehehe...aaammmiiinnn.

PESONA PEMANDANGAN
Yah untuk pesona pemandangan sendiri disini cukup bagus dan memuaskan. Hamparan tebing batu dari Gunugn Api Nglanggeran serta dipadu dengan Danau yang bagus serta Hamparan hijau lepas yang cukup menawan. 


TIPS BERWISATA DI EMBUNG NGLANGGERAN
1.Cuaca
   yah cuaca sangat mempengaruhi kamu dalam ber wisata kemari. jikalau cuaca dalam keadaan buruk (hujan) sebaiknya kamu menunda perjalanan untuk kemari, dikarenakan akses jalan kemari sedikit berbatu dan terjal
2.Kendaraan
   pastikan kendaraan yang ingin kamu gunakan untuk menuju kemari dalam keadaan mesin yang baik, dikarenakan akses jalan yang dilalui adalah tanjakan dan berbatu itu adalah mengapa kamu harus menggunakan kendaraan yang prima disini. Dan juga disaran kan selalu menggunakan alat pelindung diri ya seperti helm dan jika perlu kamu menggunakanmasker penutup mulut agar tidak terhirup debu selama perjalanan.
3.Waktu
   waktu yang cocok untuk berlibur kemari adalah pada sore hari. pada pukul 16:00. Kamu bisa menyesuaikan waktu dari titik awal untuk menuju kemari ya, disini juga kamu bisa menikmati pemadangan Matahari terbenam atau yang biasa diesebut SUNSET, walaupun tidak sebagus di pantai-pantai yang ada di kota Yogya, namun tempat ini sangat cocok juga bagi kamu yang ingin menikmati SUNSET pada sore hari


Sekian catatan Jejak-jejak kecil kali ini, semoga bermanfaat dan bisa membantu serta menambah refrensi pengetahuan kamu yang ingin berwisata kemari.

SALAM JEJAK-JEJAK KECIL



Comments

Popular posts from this blog

Taman Sari Water Castle

Pesona Air terjun Sri Gethuk

Romantisme Candi Plaosan